03
Apr
10

PENELITIAN TINDAKAN KELAS 4

PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN CIPINANG BESAR SELATAN 01 PAGI

I. PENDAHULUAN

Matematikan merupakan bidanga studi yang dipelajari oleh semua siswa dari SD hingga SLTA dan bahkan juga di Perguruan Tinggi. Ada banyak alas an tentang perlunya siswa belajar matematika. Cornelius (1982:38) mengemukakan lima alas an perlunya belajar matematika… merupakan : (1) sarana berpikir yang jelas dan logis (2) sarana untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari, (3) sarana mengenal pola-pola hubungan dan generalisasi pengalaman, (4) sarana untuk mengembangkan kreatifitas, dan (5) Sarana untuk meningkatkan kesadaran terhadap perkembangan budaya.
Cockroft (1982:1-5) mengemukakan bahwa matematika perlu diajarkan kepada siswa karena (1) selalu digunakan dalam segala segi kehidupan; (2) semua bidang studi memerlukan keterampilan matematika yang sesuai; (3) merupakan sarana komunikasi yang kuat, singkat dan jelas; (4) dapat digunakan untuk menyajikan info dalam berbagai cara; (5) meingkatkan kemampuan berfikir logis, ketelitian dan kesadaran keruangan; dan (6) memberikan kepuasan terhadap usaha memecahkan masalah yang menantang.
Banyak orang yang memandang matematika sebagai bidang studi yang paling sulit. Meskipun demikian, semua orang harus mempelajarinya karena merupakan sarana untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Seperti halnya bahasa, membaca dan menulis, kesulitan belajar matematika harus diatasi sedini mungkin. Kalau tidak, siswa akan menghadapi banyak masalah karena hampir semua bidang studi memerlukan matematika yang sesuai.
Dalam dunia pendidikan matematika di Indonesia dikenal adanya matematika modern. Matematika modern lebih menekankan pada pemahaman struktur dasar system bilangan daripada mempelajari keterampilan dan fakta-fakta hafalan. Pelajaran matematika modern lebih menekankan pada mengapa dan bagaimana matematika melalui penemuan dan Eksplorasi. Pengajaran semacam itu agakanya telah mengabaikan beberapa aspek dari psikologi belajar dan kurang menguntungkan bagi anak berkesulitan belajar.
Karena adanya berbagai kesulitan tentang matematika modern maka muncul gagasan untuk kembali ke berhitung. Sesungguhnya persolan bukan terletak pada nama matematika atau berhitung, tetapi terletak pada materi yang harus diajarkan dan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran.
Ada beberapa pendekatan dalam pengajaran matematika, masing-masing didasarkan atas teori belajar yang berbeda. Ada 4 pendekatan yang paling berpengaruh dalam pengajaran matematika; (1) urutan belajar yang bersifat perkembangan (development learning sequences), (2) belajar tuntas (matery learning), (3) strategi belajar (learning atrategis), dan (4) pemecahan masalah (problem solving).
Empat pendekatan pembelajaran matematika yang telah dikemukakan memiliki implikasi bagi anak berkesulitan belajar matematika. Empat pendkatan tersebut dapat digunakan secara gabungan untuk membantu anak berkesulitan belajar matematika.

Pendekatan belajar tuntas menekankan pada pelajaran matematika melalui pembelajaran langsung (derect instruction) dan terstrukur. Adapaun lankah-langkah pendekatan belajar tuntas dalam bidang studi matematika adalah sebagai berikut:
1. Menekankan sasaran atau tujuan pembelajaran khusus. Sasaran tersebut harus dapat diukur dan diamati. Sebagai contoh, siswa dapat menuliskan jawaban terhadap 25 soal perkalian 1 sampai 7 dalam waktu 10 menit dengan 90% benar.
2. Menguraikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan
3. Menentukan langkah-langkah yang sudah dikuasai oleh siswa
4. Mengurutkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan
Program matematika yang didasarkan atas pendekatan belajar tuntas memiliki struktur vertaraf tinggi, diurutkan secara sistematis dan memerlukan pembelajaran yang sangat sangat langsung. Mengingat sifat matematika yang berurutan maka pendekatan belajar tuntas sangat sesuai dengan kurikulum matematika.
Rumusan Masalah
Atas dasar latar belakang di atas, maka kami mencoba mengatasi kesulitan belajar matematika siswa sehingga menetapkan judul :
“Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Dalam Pokok Bahasan Bilangan Bulat Terhadap Siswa SMP Negeri 7 Watampone Dengan Pendekatan Belajar Tuntas”
Batasan Masalah
Demi membatasi pembahasan yang lebih luas, maka kami membatasi pada pokok bahasan Bilangan Bulat, karena hal inilah penulis rasakan sebagai kesulitasn yang sangat mendasar dan jika hal ini tuntas maka menunjang kelancaran pokok bahsan yang lain pada pelajaran matematika SMP.


0 Responses to “PENELITIAN TINDAKAN KELAS 4”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: